Header Ads Widget

Update

6/recent/ticker-posts

Walikota Jakarta Barat Uus Kuswanto Hadir di Tengah Giat Donor Darah Bersama PMI dan RANGER

Walikota Jakarta Barat Uus Kuswanto  mengambil undian Doop Prize berupa emas mulia untuk peserta Donor Darah 

Walikota Jakarta Barat Uus Kuswanto Hadir di Tengah Giat Donor Darah Bersama PMI dan RANGER

Jakarta, ZonaExpose.com - Bulan Ramadhan 1444 H / 2023 M, Relawan Antar Generasi (RANGER 22) melaksanakan kegiatan aksi sosial Kemanusiaan dan donor darah yang kedua kalinya diadakan di bulan Ramadhan. RANGER bekerja sama dengan PMI DKI Jakarta, Sudin Kebudayaan Jakarta Barat dan FKDM tingkat Jakarta Barat. Kegiatan donor darah ini merupakan agenda rutin RANGER 22 di bulan Ramadhan, pada hari Minggu 2 April 2023 bertempat di Gedung P3PAUD Kebun Jeruk Jakarta Barat. Senin (3/04/23)

Ketua umum sekaligus ketua FKDM Tingkat Kota Administrasi Jakarta Barat Iswadi, "Penyelenggaraan donor darah merupakan bentuk dukungan untuk PMI DKI Jakarta dalam memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat Jakarta. Dan terimakasih kepada para pahlawan kemanusiaan untuk pendonor darah dan keluarga besar RANGER yang terus dapat berperan menjadi motor penggerak. Donor Darah Kolaborasi dengan tema"Berbagi Untuk Sesama di Bulan Ramadhan"

Di bulan Ramadhan 1444 H / 2023 M, bukanlah halangan bagi pendonor darah. Para pendonor tak perlu risau karena donor darah saat berbuka puasa tidak berbahaya bagi kesehatan asalkan dilakukan sesuai ketentuan.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta H Rustam Effendi dalam sambutannya menyampaikan Sangat apresiasi terhadap Relawan Antar Generasi (RANGER 22), RANGER ini sudah banyak sekali penghargaannya karena sering melakukan kegiatan kemanusiaan dan sosial. Dan yang tidak kalah penting PMI DKI Jakarta juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat yang telah mendonorkan darahnya untuk membantu menolong orang yang membutuhkan, khususnya melalui PMI.

Setetes darah yang disumbangkan sangat berarti untuk membantu orang-orang yang terancam keselamatannya. Orang yang mendonorkan darahnya pantas disebut sebagai pahlawan kemanusiaan dan, Buat yang paling saya hormati dan banggakan, orang-orang yang sedang diambil darahnya dan antre daftar jadi pendonor. Para pahlawan kemanusiaan. Apa lagi di bulan Ramadhan ini menyumbangkan darahnya, pastinya ada nilai-nilai ibadahnya di bulan Ramadhan." ujar Rustam

Ditempat yang sama Walikota Administrasi Jakarta Barat Uus Kuswanto S. Sis. MAP. Dalam sambutannya, "Atas nama pemerintah kota Jakarta Barat mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan donor darah, walaupun di bulan suci ramadhan ini perjuangan yang sangat luar biasa. Mudah mudahan perjuangan yang luar biasa ini suatu catatan amal ibadah yang luar biasa bagi kita semua dan saya kembali bertugas di Jakarta Barat semoga amanah. " Ucap wali  

Donor darah di bulan suci Ramadhan selesai berbuka puasa dan dimulai pada pukul 19.00 - 22.00 WIB. Sebelum melakukan donor darah, pendonor menerima pemeriksaan kesehatan sebelum pengambilan darah,  hanya pendonor yang dianggap memenuhi kriteria tertentu yang boleh melakukan donor darah : diantaranya pendonor minimal berusia 17 hingga 70 tahun baik laki-laki maupun perempuan, tidak sedang sakit, tekanan darah stabil, Hemoglobin (Hb) dalam darah normal, berat badan ideal dan tidak sedang mengkonsumsi obat-obatan.

Target Panitia Donor Darah melalui PMI 250 kantong darah dan pendaftaran melalui online 310 pendaftar, yang hadir untuk ikuti donor darah 281 orang yang ingin mendonorkan darahnya. Setelah melalui tahap awal yaitu cek kesehatan oleh dokter yang bertugas, dengan sangat terpaksa ada 73 orang pendaftar yang kecewa. Beberapa pendaftar gagal dan tidak dapat melanjutkan donor darah karena tidak memenuhi kriteria dan persyaratan secara medis. Penyebab gagalnya tersebut antara lain dikarenakan kadar hemoglobin (Hb) kurang, tekanan darah tinggi, mengkonsumsi antibiotik dalam kurun waktu satu minggu sebelum donor darah.

Peserta donor darah mendapatkan paket sembako dan 22 emas mulai mini daru nomor urut 1 (pertama) sampai nomor urut 22. Serta  doop prize 7 emas mulia dengan cara diundi dengan nomor  peserta pendonor darah. Dan acara donor darah ini ditutup dengan membaca do'a. 

Agam Bule

Posting Komentar

0 Komentar