Header Ads Widget

Update

6/recent/ticker-posts

Panen Ubi Kumbili dan Sayur Tebu Telur (Sayur Lilin)



Jayapura, ZonaEXpose.com - Danramil 1701-14/Kemtuk gresi Kapten Arm Enos Lodh Furima bersama babinsa Sertu Muliyadin melaksanakan pendampingan dalam rangka panen ubi kumbili dalam bahasa lokal ubi Syapu dan sayur lilin di lahan kelompok tani Wadaba bertempat di dusun Sewi kampung Soaib Distrik Kemtuk. Sabtu (17/10/2020).

Adapun yang hadir dalam kegiatan :

1. Danrami Kapten Arm Enos lodh 

    Furima di dampingi   Babinsa 

    Sertu Muliyadin

2. Kanit Intelkam Polsek Kemtuk

    Aipda Sugik Cahyadi

3.Kadis Pertanian kab.jayapura

   Bpk Dafid Sakaria S.P

4.Kadistrik Kemtuk 

    Bpk Juno Robertho Marbase

    S,STP

   Beserta staf distrik Kemtuk

5.Dinas PPL

   Ibu Rosalina Rumkorem

6.Kepala kampung Soaib

   Bpk Thomas Nasa

7.Kepala kampung Nanbom

   Bpk Seblon Dwaa

8.Pendeta Ibu Leni Sawor S,Si

9.Ondoafi Sewi

  Bpk Maurits Kiyambe

Dalam kegiatan panen ubi Syapu

yang merupakan tanaman lokal khususnya wilayah lembah Grime Nawa menjadi salah satu tanaman lokal yang dapat di jadikan salah satu solusi dalam ketahan pangan dalam menghadapi masa pandemi Cofid19.

Menurut penyampaian dari pemilik lahan ketua kelompok tani Wadaba Ibu Adsamina Waring tanaman Syapu merupakan salah satu komoditi makanan umbi-umbian yang di kembangkan demi menjaga dan memperbaiki kehidupan serta dapat membantu perbaikan ekonomi selain dapat di konsumsi dalam keluarga juga dapat di jual ke pasar. 

Bapak Dafid Sakaria S.P 

Kepala dinas pertanian dan Holtikultura kab.jayapura Menyampaikan sesuain dengan 

Anjuran  Bupati kabupen jayapura 

Bapak Matius Awoitauw S.E,M.Si

Diharapkan agar seluruh warga masyarakat kampung untuk kembali berladang dan bercocok tanam untuk mengembangkan tanaman lokal sebagai kebutuhan dalam ketahanan pangan dan berterima kasih kepada warga yang telah bantu pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan.

Bapak Juno Robertho Marbase.    S.STP kepala Distrik Kemtuk

menyampaikan dari pihak Distrik berterima kasih kepada warga masyarakat serta mengapresiasi kepada kelompok tani Wadaba yang telah berusaha dalam membudidayakan tanaman lokal ubi Syapu atau Kumbili untuk di jadikan tanaman dalam mengikuti progaram ketahanan pangan dari pemerintah dan pihak distrik Kemtuk akan mengawal dan mendampingi serta membantu melihat kebutuhan yang ada untuk warga agar termotifasi mengembangkan tanaman ini agar di jadikan untuk menambah kebutuhan dalam perbaikan ekonomi waraga.

Terima penyampaian dari kepala kampung Soaib untuk koramil,polsek dan semua yang telah hadir dan menyempatkan waktu dalam rangka panen Syapu dan sayur lilin di lahan kelompok tani Wadaba.Semoga kegiatan ini bisa memotivasi warga masyarakat yang lainnya untuk lebih semangat dalam berkebun.

ZonaEXpose.

Posting Komentar

0 Komentar